Selasa, 24 Maret 2015

Macam-macam Aplikasi Internet

Saat ini internet bukan lagi sebagai “barang mewah” yang hanya dapat “dinikmati” oleh kalangan tertentu saja namun internet saat ini sudah banyak digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat baik usia anak-anak, remaja terlebih lagi usia dewasa yang jumlah penggunanya semakin hari semakin bertambah dan akan terus bertambah lagi seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Apalagi dengan dukungan dari berbagai merek Smartphone yang semuanya sudah dapat terkoneksi dengan internet dengan biaya yang bervariasi namun masih terjangkau oleh masyarakat sebagai penggunanya.
Dengan adanya internet hampir semua pekerjaan manusia dapat diselesaikan dengan lebih mudah terutama dalam bidang akademik, militer, kodoketeran, surat kabar, periklanan, dan bidang lainnya yang memilki kaitan erat dengan aplikasi yang disediakan di internet.
Aplikasi yang disediakan di internet sampai saat ini sangat banyak, namun yang paling banyak dikenal dan sering digunakan diantaranya Word Wide Web, Electronic Mail, Mailing ListNewsgrup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol, Telnet, Gopher, dan Ping.
Berikut ini saya sajikan penjelasan dari beberapa Aplikasi yang sering di pakai dalam aplikasi internet yang saya peroleh dari pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber yang ada di internet, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang memerlukan.
Word Wide Web (Web)
Sering disingkat www atau web saja adalah aplikasi yang paling banyak dan paling sering digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting dalam menjelajahi dunia maya (internet). Web adalah kumpulan dokumen atau file-fle yang ada di
 internet dan tersimpan pada beberapa server penyedia jasa internet yang ada di seluruh penjuru dunia.
Hypertext Markup Language (HTML) adalah format yang digunakan untuk menampilkan dokumen web sehingga dapat diakses oleh siapa saja, dimana saja dan menggunakan platform apapun. Dokumen web tersebut dibuat dan dilengkapi dengan link yaitu kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain baik pada halaman web yang sama maupun ke halaman web yang berbeda. Dokumen web yang disusun dan dibuat mengunakan HTML digunakan untuk menyimpan data dan Informasi  dapat berbentuk teks, gambar, animasi, audio maupun video.
Electronic Mail (e-Mail)
Electronic Mail (e-Mail) atau Surat Elektornik (Surel) adalah sebuah aplikasi
 internet yang disediakan sebagai sarana komunikasi dengan cara korespondensi atau surat menyurat namun dalam bentuk elektronik. Pekerjaan mengirim email sama persis dengan pekerjaan dalam mengirimkan surat biasa, isinyapun sama seperti surat biasa seperti bercerita, memberikan pesan atau informasi tentang sesuatu, atau apa saja yang ingin kita sampaikan kepada pihak lain. Perbedaannya dengan surat biasa, e-Mail dapat mengirimkan dokumen dengan bentuk file, gambar, suara, video dan sebagainya.
Mengingat akses internet saat ini yang relatif lebih cepat, maka secara otomatis e-Mail yang dikirim akan sampai ke tujuan dengan sangat cepat, kecepatanya hanya beberapa saat setelah kita tekan/klik tombol kirim.
Mailing List
Mailing list sering disebut milis merupakan aplikasi
 internet yang digunakan sebagai sarana berbagi pengalaman atau saling sharing informasi dan pengalaman dalam sebuah komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama melalui email dan anggota milis harus terdaftar lebih dulu agar bisa mendapatkan update informasinya.
Pada mailing list ada alamat email milis yang digunakan sebagai email kelompok dimaksud yang apabila salah satu anggota kelompok mengirimkan email ke alamat milis tersebut maka secara otomatis akan diteruskan ke seluruh anggota kelompok melalui alamat email anggota kelompok masing-masing yang terdaftar dalam milis tersebut.
Newsgrup
Newsgrup adalah aplikasi
 internet yang digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan orang lain dalam sebuah forum namun tidak harus terdaftar ke dalam newsgroup. Anggota forum newsgrup umumnya mempunyai kepentingan atau minat yang sama untuk membahas topik yang sama. Newsgrup hampir sama dengan buletin board yang setiap orang bebas menyampaikan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang mengikuti forum tersebut.
Dalam newsgroup memungkinkan penggunaan multi media (audio visual) dan fasilitas konversi video, teks saja, teks dan audio melalui fasilitas chat yang disediakan.
Internet Relai Chat
Internet
 Relai Chat (IRC) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi atau bercakap cakap di internet yang dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita ucapkan kepada teman (lawan bicara) kita, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks juga.
Pada perkembangannya, layanan chatting sudah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan foto lawan bicara yang diperoleh dari webcam. Dengan chatting kita dapat berkenalan dan bercerita dengan orang lain diseluruh belahan dunia, fasilita IRC saat ini banyak diadopsi oleh berbagai aplikasi media sosial seperti facebook.
File Transfer Protocol
File Transfer Protocol sering disingkat dengan FTP merupakan aplikasi
 yang khusus digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari atau ke komputer lain. FTP umumnya digunkan untuk mengambil (download) arsip file atau dokumen dari sebuah server melalui alamat web sumber yang menyediakan dokumen dimaksud.
Selain untuk mengambil dokumen, FTP juga digunakan untuk mengirim (upload) dokumen ke server web sehingga bisa di akses oleh penguna lain dimanapun berada yang terkoneksi dengan internet.
Telnet
Sebuah apilikasi
  internet yang digunakan untuk mengakses komputer lain yang letaknya berjauhan. Penggunaan telnet hanya mungkin jika kita mempunyai alamat IP (IP Adress) dari komputer yang dimaksud dan harus memiliki ijin akses ke komputer dimaksud (User Id dan Password).
Gopher
Gopher adalah aplikasi yang dipakai untuk mencari informasi di iternet sama seperti www atau web namun hanaya dalam format teks saja. Agar bisa menggunakan gopher untuk memperoleh informasi, terlebih dahulu harus terhubung ke Gopher servernya.

Perbedaan gopher dengan web adalah web menggunakan port 80 yang bisa menampilkan informasi dalam bentuk gambar sedangkan gopher menggunakan port 70 yang hanya menampilkan teks.
Ping
Ping adalah singkatan dari Packet
 Internet Gopher,  digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung atau terkoneksi dengan komputer lain (server) di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

Demikian uraian macam-macam aplikasi internet yang dapat saya share semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang memerlukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar